Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JAMU MERUPAKAN RAMUAN DARI JAWA



Jamu bukanlah sesuatu yang asing di Indonesia, khususnya orang-orang Jawa. Suatu teori menyatakan bahwa “jamu” terbentuk dari gabungan kata ‘Jawa’ dan ‘ngramu’ (yang memiliki arti mencampur atau mengumpulkan), dan secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai “ramuan yang dibuat oleh orang Jawa” atau “ramuan yang berasal dari Jawa”.


Jamu, diduga berasal dari Kerajaan Mataram. Ilustrasi yang berhubungan dengan proses pembuatan jamu hadir di berbagai situs, misalnya situs arkeologi Liyangan dan kuda di relief Borobudur. Lalu terdapat Prasasti Madhawapura dari periode Majapahit menyebutkan profesi khusus peracik jamu yang disebut ’Acaraki’.









Sumber foto:
Herudin/Tribunnews - Rahmat Dian Prasanto/Jakarta Post - Rahmat Dian Prasanto/Jakarta Post - aa/Wikimedia Commons - dpinpin/Wikimedia Commons - Ivuvisual/Wikimedia Commons - Koleksi Tropenmuseum - Koleksi Tropenmuseum
.
.
.

Wisnu Wirandi
Wisnu Wirandi Lahir tanggal 2 Januari 1991, Alumni Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung Jurusan Seni Musik Karawitan Th. 2013. Alumni Pascasarjana ISBI Bandung Th. 2018.

Post a Comment for "JAMU MERUPAKAN RAMUAN DARI JAWA"