Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUMPULAN MATERI PPG (PENDIDIKAN PROFESI GURU) PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL (SENI BUDAYA) TAHUN 2021


Hallo para Guru di Seluruh Indonesia, pada kesempatan ini saya akan memberikan materi-materi untuk PPG mata pelajaran Seni Budaya. Namun sebelum itu, saya ingin menjelaskan apa sih PPG? apa sih keguanaannya? dan bagaimana prosesnya? baik, simak dan baca secara rinci agar tidak salah faham ya teman-teman.

Pengertian PPG atau Pendidikan Profesi Guru perlu kita ketahui bersama, terutama bagi para mahasiswa jurusan pendidikan maupun jurusan profesi guru. Untuk kamu yang sangat antusias pada dunia pendidikan dan ingin menjadi guru, saat ini menempuh kuliah jurusan pendidikan saja tak cukup.

Setelah lulus, calon guru diwajibkan untuk mengikuti program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan pemerintah guna mempersiapkan guru yang profesional untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

PPG adalah program yang dilaksanakan oleh pemerintah guna mempersiapkan lulusan S1 Pendidikan dan DIV Non pendidikan yang memiliki minat dan bakat menjadi guru untuk menguasai kompetensi guru seutuhnya yang berstandar nasional.

PPG merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidik/kualifikasi khususnya seorang guru melalui program pendidikan profesi guru.

Hal ini diatur pada Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru yang dijabarkan pada Pemerdiknas No.8 Tahun 2009 mengenai Pendidikan Guru Pra Jabatan.

Saat kamu mendaftar PPG akan diarahkan pada pemilihan keahlian sehingga nantinya setelah lulus akan mendapatkan sertifikat pendidikan profesional sesuai keahlian yang dipilih seperti pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, atau pendidikan menengah. Untuk pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru ini adalah selama 2 semester.

Tujuan Penyelenggaraan PPG

Tujuan pemerintah menyelenggarakan program profesi guru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 3 yaitu calon guru akan memiliki keahlian dan kemampuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sedangkan tujuan lain yang tercantum pada Permendiknas No 8 Tahun 2009 Pasal 2 ialah:

Tenaga pendidik mampu untuk melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas dalam berkelanjutan.

Dengan mengikuti PPG, akan menghasilkan calon guru yang mempunyai kompetensi dalam merencanaka, melaksanakan, dan menilai sebuah pembelajaran.

Menindaklanjuti hasil penilaian melalui pembimbingan dan pelatihan peserta didik.

Siapa yang menyelenggarakan PPG?

Program PPG diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang telah memiliki Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) serta telah memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Menteri.

Perlu diketahui bahwa penetapan LPTK oleh Menteri dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara objektif dan komprehensif.

Hasil keputusan oleh Menteri ini dapat berlaku selama 3 tahun, baru kemudian Perguruan Tinggi dapat memperpanjang penyelenggaraannya. yang tentunya harus ada evaluasi ulang.

LPTK juga dilakukan evaluasi berkala oleh pihak yang diberi wewenang oleh Direktur Jenderal. Evaluasi ini tentu saja dilakukan agar kualitas program profesi tetap terjaga dan mampu menghasilkan guru-guru berkualitas.

Pentingnya Program Pendidkan Profesi Guru?

Apa sih pentingnya mengikuti program PPG ini? Nah dengan mengikuti program pendidikan profesi guru (PPG) diharapkan akan menjawab permasalahan pendidikan seperti kurangnya jumlah guru di daerah khusus terluar, terdepan, dan tertinggal sehingga dengan adanya PPG hal ini akan memberikan tambahan tenaga pendidik berkompeten.

Kemudian, menyelesaikan masalah mengenai distribusi guru yang tidak seimbang dan para guru yang masih memiliki kualifikasi standar.

Dengan mengikuti PPG akan meningkatkan kompetensi para tenaga guru. Sehingga diharapkan program pendidikan profesi guru akan menghasilkan para tenaga guru yang profesional dan unggul.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan sebuah program yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Terutama untuk para calon tenaga pendidik (guru) yang diwajibkan untuk mengikuti program ini karena memiliki tujuan dan manfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hasil yang diperoleh dari mengikuti program ini adalah para guru yang telah memiliki profesi sertifikasi profesi yang dijamin memiliki kompentesi dan kualifikasi terbaik yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan pengajaran pada masyarakat secara baik dan berkualitas.

Pendidikan yang baik tentu saja akan berdampak luar biasa pada dunia. Seperti kata Nelson Mandela “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia karena dengan pendidikan anda dapat mengubah dunia” karena dimanapun dan kapanpun pendidikan akan tetap menjadi nomor satu.

Kuntungan dan Manfaat Mengikuti PPG?

Mengapa pemerintah mewajibkan para seluruh calon tenaga pendidik khususnya calon guru harus mengikuti PPG? Karena PPG memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

Memiliki sertifikasi profesional sebagai guru. Kamu juga tak diragukan lagi untuk menjalankan profesimu sebagai guru dan mengajar di berbagai lembaga pendidikan.

Mendapat gelar guru profesional karena dibuktikan dengan mengikuti program pendidikan profesi guru serta sertifikat yang didapatkan.

Mendapatkan kompetensi lebih sehingga keahlian mengajar tidak dapat diragukan lagi.

Peluang menjadi PNS pun lebih besar karena tak perlu lagi mengikuti seleksi kompetensi bidang.

Membuka peluang pekerjaan lebih luas. Seorang yang telah mengikuti PPG akan berkesempatan untuk bekerja di lembaga pendidikan mana saja bahkan bisa mendaftar menjadi SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri)

Memacu dan memoticasi calon guru untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pendidik yang memang belum dikuasai sepenuhnya.

Tentu saja akan menambah relasi dan pengalamanmu.

Sedangkan manfaat untuk masyarakat sendiri adalah memberikan tenaga pendidik yaitu guru yang berkualitas dan berkompetensi tinggi sehingga dapat melayani pembelajaran secara baik, inovatif, dan kreatif.

Berikut ini materi-materi berupa modul pada PPG Seni Budaya untuk tahun 2021:

1. Modul Penguatan Integritas

2. Modul Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

3. Modul Peran Guru Pembelajaran Abad 21

4. Modul Pembelajaran Inovatif

5. Modul Perancangan Pembelajaran Inovatif

6. MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA

7. MODUL PEMBELAJARAN SENI MUSIK

8. MODUL PEMBELAJARAN SENI TARI
Wisnu Wirandi
Wisnu Wirandi Lahir tanggal 2 Januari 1991, Alumni Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung Jurusan Seni Musik Karawitan Th. 2013. Alumni Pascasarjana ISBI Bandung Th. 2018.

Post a Comment for "KUMPULAN MATERI PPG (PENDIDIKAN PROFESI GURU) PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL (SENI BUDAYA) TAHUN 2021"